Mineral silikat


Mineral Olivine
NAME: OLIVINE
COMPOSITION: Iron-Magnesium Silicate
HARDNESS: 6.5 - 7
LUSTER/COLOR: Vitreous/Olive Green
CLEAVAGE: none
STREAK: none
REMARKS: this specimen is actually a rock called Dunite, composed mostly of olivine.
Chemical Group: silikat
Formula Kimia: (Mg, Fe) 2SiO4
Warna: zaitun hijau, putih, coklat, hitam Streak: putih atau abu-abu
Luster: vitreous Transparansi: transparan tembus
Kekerasan: 6,5 Gravitasi spesifik: 3,22-4,39
Pembelahan: satu langsung, tidak jelas
Bentuk kristal dan Kebiasaan: sistem ortorombik


Olivin umumnya ditemukan di basal sebagai kristal terisolasi atau xenoliths granular.

> Mengidentifikasi Karakteristik:
Penggunaan: Ketika transparan, hijau, dan tanpa patah tulang, olivin adalah peridot batu permata.

Kemunculan:
Arizona lokasi Peridot-terkenal di San Carlos Reservasi Indian di Arizona selatan, sekitar 80 mil sebelah timur Phoenix. Olivin terjadi massa sebagai granular, dalam aliran basal mungkin 3 sampai 20 kaki tebal. Batu ini pernah ditemukan di :
California:
      2 km Utara Bukit Dish yang 15 km Timur dari Ludlow pada rute lama 666
      antara Jarum dan Barstow).
New Mexico:
      Portillo Maar dan Lubang Kilbourne, dekat ke US / perbatasan Meksiko, sekitar 25 mil
      Barat laut dari El Paso
> Toksisitas: saat-menelan-rendah ketika dihirup tinggi
> Informasi Tambahan: Olivine adalah serangkaian mineral yang berkisar dari magnesium-          kaya (fayalit)
dengan besi-kaya (forsterit).

Mineral Proxine
NAME: AUGITE
COMPOSITION: Calcium-Magnesium Aluminum Silicate
HARDNESS: 5 - 6
LUSTER/COLOR: Vitreous/Black
CLEAVAGE: 2 @ almost 90o
STREAK: none
REMARKS: Augite is the most common member of the pyroxenes.
Kimia: (Ca, Na) (Mg, Fe, Al) (Al, Si) 2 O6, Kalsium Natrium Silikat Aluminium Magnesium Besi.
• Kelas: silikat
• Subclass: Inosilicates
• Group: pyroxenes
• Menggunakan: hanya sebagai spesimen mineral.
Augite adalah mineral pembentuk batuan yang penting dalam batuan beku, terutama dalam gabbros dan basal, dan juga ditemukan di beberapa hidrotermal batuan metamorf. Augite adalah bagian dari seri solusi penting yang solid dari kelompok piroksen. Seri ini termasuk hedenbergite mineral, CaFeSi2 O6, dan diopside, CaMgSi2 O6. Seri A terjadi ketika ion (dalam hal ini kasus besi dan magnesium) secara bebas dapat menggantikan antara satu sama lain. Augite adalah anggota dari seri menengah. Namun, augite bukan hanya perantara, tetapi unik karena mengandung persentase natrium dan aluminium yang sebagian besar kurang diopside dan hedenbergite. Isi magnesium juga lebih besar di augite daripada di salah satu dari dua mineral lainnya.
Namanya berasal dari kata yunani augites yang berarti "kecerahan" dalam kiasan untuk kilau yang relatif tinggi yang terlihat pada beberapa spesimen luar biasa.
KARAKTERISTIK FISIK:
Warna hijau tua, coklat dan hitam
Transparansi kristal yang transparan untuk sebagian besar tembus atau buram.
Sistem Crystal monoklinik; 2 / m
Kristal Kebiasaan termasuk singkat prismatik, kristal jarang tabular. Penampang persegi yang khas dalam kristal prismatik. Juga kompak, granular, kolumnar, pipih dan berserat (jarang).
Pembelahan sempurna dalam dua memanjang arah mendekati sudut kanan.
Fraktur tidak merata.
Kekerasan adalah 5 - 6
Specific Gravity adalah sekitar 3,2-3,6 (sedikit di atas rata-rata)
Kemunculan terkenal termasuk Grand Co, Colorado, St Lawrence Co, New York dan Tillamook, Oregon, AS; Eifel, Jerman; Mt. Vesuvius, Italia, Perancis dan daerah Bohemia Eropa.


Mineral Amphiboles

Amphibole adalah kelompok mineral silikat yang berbentuk prismatik atau kristal yang menyerupai jarum. Mineral amphibole umumnya mengandung besi (Fe), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), dan Alumunium (Al), Silika (Si), dan Oksigen (O). Hornblende tampak pada foto yang berwarna hijau tua kehitaman. Mineral ini banyak dijumpai pada berbagai jenis batuan beku dan batuan metamorf.

Mineral Micas (Muscovite)
NAME: MUSCOVITE
COMPOSITION: Potassium Aluminum Silicate Hydroxide
HARDNESS: 2 - 2.5
LUSTER/COLOR: Vitreous/Colorless to Yellow
CLEAVAGE: 1
STREAK: none
REMARKS: Muscovite is a type of mica, a family of sheet silicates.

Mika adalah sejenis mineral. Kata "mika" berasal dari kata bahasa Latin micare, "bergemerlapan", sebab mineral satu ini terlihat gemerlap (khususnya saat berskala
Ini warna yang jelas keperakan adalah karakteristik dari lembaran tipis dari muskovit.
Potongan besar dari muskovit memiliki warna keperakan, dengan daerah tembaga gelap menunjukkan sebuah buku tebal lembaran muskovit.

Sifat dan Kegunaan
Karena memiliki kuat dielektrik yang tinggi dan stabilitas kimiawi yang sempurna, mika sering dijadikan bahan pembuatan kondensator untuk penerapan frekwensi radio. Selain digunakan sebagai insulator dalam alat listrik tegangan tinggi, mika yang juga merupakan bias ganda biasanya digunakan untuk membuat lempeng gelombang paruh.
Ilit atau mika lempung memiliki kapasitas tukar kation untuk lempung 2:1. Ion-ion K+ di antara lapisan-lapisan mika mencegah pembengkakan dengan menghalangi molekul air.
Karena bisa ditekan menjadi film (saput) tipis, mika sering digunakan pada tabung Geiger-Muller untuk mendeteksi penetrasi rendahnya partikel Alfa.
Aventurin merupakan salah satu variasi kuarsa dengan inklusi mika yang digunakan sebagai sebuah batu permata.
Pelat mika hasil kempaan sering digunakan sebagai pengganti kaca dalam rumah kaca. Pelat mika digunakan pula untuk menyediakan struktur bagi kawat pemanas (seperti Kanthal, Nikrom, dll.) dalam unsur pemanasan dan bertahan sampai 900 °C (1,650 °F).
Penyekat yang terbuat dari mika digunakan dalam elektronika untuk menyediakan penyekat elektrik di antara sebuah komponen penghasil panas dengan heat sink (sungap bahang) yang dipakai untuk mendinginkannya. Kata yang sama kadang-kadang digunakan oleh para teknisi sebagai istilah bagi karet atau getah sintetik (biasanya biru atau abu-abu) yang digunakan untuk tujuan yang sama, tapi tidak terdiri dari mineral silikat.

Mineral Micas (Biotit)

Biotit adalah mineral pembentuk batuan silikat umum. Ini adalah mika ditemukan di berbagai jenis batuan beku dan batuan metamorf di beberapa. Hal ini mudah dikenali karena belahan dada yang sempurna yang memungkinkan untuk memisahkan menjadi tipis, hitam, lembaran fleksibel.
menggunakan
Biotit telah penggunaan komersial sangat terbatas. Partikel biotit kadang-kadang digunakan sebagai pengobatan permukaan dalam beton dekoratif, plester dan bahan konstruksi lainnya. Hal ini juga digunakan dalam metode kalium-argon dari kencan batuan beku.
warna: hitam, hijau tua, coklat tua
coret: putih abu-abu
pembelahan: basal, sempurna
kekerasan: 2,5 - 3
berat jenis: 2,7-3,
Sistem kristal: monoklinik
Komposisi kimia: K (Mg, Fe) 3 (Si3Al) O10 (OH, F) 2

Mineral Clays

Tanah liat merujuk pada sejumlah bahan bersahaja yang terdiri dari mineral yang kaya dalam alumina, silika dan air. Clay adalah bukan mineral tunggal, tetapi sejumlah mineral. Ketika sebagian besar tanah liat basah, mereka menjadi "plastik" yang berarti mereka dapat dibentuk dan dicetak menjadi bentuk. Ketika mereka adalah "dipecat" (terkena suhu sangat tinggi), air didorong off dan mereka menjadi keras seperti batu. Clay mudah ditemukan di seluruh dunia. Akibatnya, hampir semua peradaban telah menggunakan beberapa bentuk dari tanah liat untuk segala sesuatu dari batu bata dengan tembikar tablet untuk transaksi bisnis rekaman. Mineral yang membentuk tanah liat yang begitu halus sehingga sampai penemuan X-ray analisis difraksi, mineral ini tidak secara khusus dikenal. Di bawah perbesaran sangat tinggi, seseorang dapat melihat bahwa mineral lempung dapat berbentuk seperti serpih, serat, dan bahkan tabung berongga. Tanah liat juga dapat berisi bahan-bahan lain seperti besi oksida (karat), silika, dan fragmen batuan. Kotoran ini dapat mengubah karakteristik dari tanah liat. Misalnya, warna tanah liat merah oksida besi. Kehadiran silika meningkatkan plastisitas tanah liat (yakni, membuatnya lebih mudah untuk cetakan dan bentuk ke bentuk).
Tanah liat dikategorikan ke dalam enam kategori dalam industri. Kategori ini ball clay, bentonit, tanah liat umum, api tanah liat, bumi penuh, dan kaolin.
Sumber
Tanah liat yang umum di seluruh dunia. Beberapa daerah, seperti bisa diperkirakan, menghasilkan jumlah besar jenis tertentu dari tanah liat. Diperkirakan bahwa negara bagian Georgia telah kaolin cadangan tanah liat dari 5 sampai 10 miliar ton. Amerika Serikat adalah mandiri sehingga impor hanya sejumlah kecil dari tanah liat dari Meksiko, Brasil, Inggris, Kanada, dan negara-negara lain macam. Amerika Serikat ekspor hampir setengah dari produksi seluruh dunia.
Negara memproduksi jumlah yang paling signifikan dari berbagai tanah liat adalah sebagai berikut:
• Kaolin: Brasil, Inggris, dan Amerika Serikat adalah produsen dominan kaolin berkualitas tinggi.
Bola lempung •: produsen utama dari tanah liat bola adalah Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Republik Ceko, Cina, dan Perancis.

Mineral Feldspar (Plagioclase)

NAME: "PLAGIOCLASE"
COMPOSITION: Calcium-Sodium Aluminum Silicate
HARDNESS: 6
LUSTER/COLOR: Vitreous/Gray to White
CLEAVAGE: 2 @ 90o
STREAK: none
REMARKS: "Plagioclase" refers to a group of felspars containg calcium & sodium.

Sebuah mineral feldspar, biasanya berwarna putih hingga abu-abu, dengan dua arah belahan dada pada 90 derajat. Perpecahan yang dikembangkan dengan baik dan sering terlihat pada spesimen di batuan. Fraktur arah ketiga, bagaimanapun, dan memiliki penampilan, tidak teratur rusak. Permukaan fraktur adalah permukaan atas di foto ini, tetapi perhatikan wajah belahan dada di sisi kanan. Sebuah properti umum adalah striations permukaan ini biasanya transluscent, yaitu cahaya tampaknya untuk menembus di bawah permukaan sehingga Anda dapat melihat ke mineral (baik, sangat bahkan lekukan pada permukaan belahan dada, tidak hadir pada spesimen ini.).
     Struktur kristal feldspar sangat kompleks, tapi terdiri dari cincin dari empat tetrahedra (yang mengakibatkan pembelahan 4-sisi 90o), terangkai menjadi rantai melengkung, yang diselenggarakan bersama oleh kation logam secara ionik. Kation yang spesifik menentukan felspar tertentu yang diperoleh (lihat link).
     Dalam batuan beku felsic Na plagioklas adalah umum. Dalam plagioklas batuan beku intermediate kalsium menjadi lebih kaya tapi warna cenderung tetap abu-abu putih atau cahaya.

Mineral Feldspar (Potassium feldspar)
NAME: POTASSIUM FELDSPAR
COMPOSITION: Potassium Aluminum Silicate
HARDNESS: 6
LUSTER/COLOR: Vitreous/White to Pale Yellow to Pink
CLEAVAGE: 2 @ 90o
STREAK: none
REMARKS: This is a crystal cluster of the feldspar, Microcline

Kalium adalah unsur kimia dengan simbol K (dari Neo-Latin kalium) dan nomor atom 19. Unsur kalium adalah logam perak-putih lembut alkali yang mengoksidasi dengan cepat di udara dan sangat reaktif dengan air, menghasilkan panas yang cukup untuk menyalakan dipancarkan hidrogen dalam reaksi.
Kalium dan natrium secara kimiawi sangat mirip. Untuk alasan ini butuh waktu lama sebelum garamnya dibedakan. Keberadaan beberapa elemen dalam garam mereka dicurigai dari 1702, dan ini terbukti pada 1807 ketika kalium dan natrium secara individual terisolasi dari garam yang berbeda dengan elektrolisis. Kalium di alam hanya terjadi pada garam ionik. Dengan demikian, ditemukan terlarut dalam air laut (yang merupakan kalium 0,04% berat), dan sebagai bagian dari banyak mineral.

Kebanyakan industri aplikasi kimia kalium mempekerjakan kelarutan yang relatif tinggi dalam air senyawa kalium, seperti sabun kalium. Kalium logam hanya memiliki beberapa aplikasi khusus, digantikan dalam reaksi kimia yang paling dengan logam natrium.

Ion kalium diperlukan untuk fungsi dari semua sel hidup. Difusi ion kalium adalah mekanisme kunci dalam transmisi saraf, dan penipisan potasium pada hewan, termasuk manusia, hasil dalam berbagai disfungsi jantung. Potasium ditemukan dalam konsentrasi sangat tinggi dalam sel tanaman, dan dalam diet campuran, sebagian besar terkonsentrasi dalam buah-buahan. Konsentrasi tinggi kalium pada tanaman, berhubungan dengan jumlah relatif rendah natrium ada, sejarah menghasilkan kalium pertama terisolasi dari kalium, abu tanaman, memberi elemen namanya. Produksi tanaman berat dengan cepat menghabiskannya kalium tanah, dan pupuk pertanian mengkonsumsi 95% dari produksi kimia global potasium.


Mineral Quartz
NAME: QUARTZ CRYSTAL
COMPOSITION: Silicon Dioxide
HARDNESS: 7
LUSTER/COLOR: Vitreous/White, Pink, Yellow, Green, Purple, Black
CLEAVAGE: none
STREAK: none
REMARKS: Nice crystal, eh?

             Pasir kuarsa adalah bahan galian yang terdiri atas kristal-kristal silika (SiO2) dan mengandung senyawa pengotor yang terbawa selama proses pengendapan. Pasir kuarsa juga dikenal dengan nama pasir putih merupakan hasil pelapukan batuan yang mengandung mineral utama, seperti kuarsa dan feldspar. Hasil pelapukan kemudian tercuci dan terbawa oleh air atau angin yang terendapkan ditepi-tepi sungai, danau atau laut.
             Pasir kuarsa mempunyai komposisi gabungan dari SiO2, Fe2O3, Al2O3, TiO2, CaO, MgO, dan K2O, berwarna putih bening atau warna lain bergantung pada senyawa pengotornya, kekerasan 7 (skala Mohs), berat jenis 2,65, titik lebur 17150C, bentuk kristal hexagonal, panas sfesifik 0,185, dan konduktivitas panas 12 – 1000C.
           Dalam kegiatan industri, penggunaan pasir kuarsa sudah berkembang meluas, baik langsung sebagai bahan baku utama maupun bahan ikutan. Sebagai bahan baku utama, misalnya digunakan dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik, bahan baku fero silikon, silikon carbide bahan abrasit (ampelas dan sand blasting). Sedangkan sebagai bahan ikutan, misal dalam industri cor, industri perminyakan dan pertambangan, bata tahan api (refraktori), dan lain sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Bowen reaction series

Struktur Sedimen

Ketidakselarasan (Uncomformity)