Teknik Interpolasi ArcGis Natural Neighbor

Natural neighbor merupakan teknik interpolasi pada perangkat lunak ArcGis. Metode – metode yang digunakan itu sangat beragam akan tetapi metode natural neighbor ini terdapat sebuah keunggulan dari pada metode – metode yang lain, keunggulan metode natural neighbor adalah dapat menginterpolasi titik-titik yang relatif banyak dan hasil output yang diperoleh akan lebih mendekati dengan keadaan sesungguhnya di alam. Output piksel hasil interpolasi yaitu 8 x 8 m (Muzaki,2008). Metode ini menghasilkan kontur yang baik dari data set yang berisi data padat di beberapa daerah dan data jarang di daerah lainnya. Hal ini tidak menghasilkan data di daerah tanpa data dan tidak ekstrapolasi nilai-nilai Z di luar grid jangkauan data. 
Metode natural neighbor ini berdasarkan konsep koordinat lokal. Lokal koordinat mendefinisikan "neighborlines" atau banyaknya pengaruh titik penyebaran akan dihitung sesuai dengan yang memiliki titik penambahan. neighborlines ini sepenuhnya bergantung pada daerah dengan pengaruh poligon-poligon Thiessen yang menyebar pada  sekeliling poin.

Metode natural neighbor ini berdasarkan kepada titik jaringan poligon Thiessen yang menyebar menetap. Jaringan poligon Thiessen dapat didirikan dari triangulasi Delauney titik penyebaran tetap. Triangulasi Delauney adalah TIN yang telah dibangun agar norma Delauney penuh.
Ada satu poligon Thiessen di jaringan untuk setiap titik penyebaran. Poligon menyertakan daerah itu yang lebih dekat untuk titik menyebar tertutup dari titik penyebaran lain. Poligon di interior titik penyebaran ditetapkan poligon tertutup dan poligon di selubungi bagian cembung adalah poligon terbuka.
Setiap poligon Thiessen dibangun menggunakan circumcircles segitiga sebagai hasil triangulasi Delauney poin-poin penyebaran. Puncak-puncak poligon-poligon Thiessen sesuai dengan centroids circumcircles segitiga.

  • ·         Perhitungan

        Ketika menunjukkan gambar itu atas, poligon-poligon Thiessen untuk poin-poin menyebar di lingkaran TIN adalah poligon-poligon terbuka. Sejak poligon-poligon seperti itu memiliki suatu area sangat besar, mereka tidak dapat digunakan secara langsung untuk natural neighbor interpolation Dengan demikian, satu pendekatan khusus adalah digunakan untuk memfasilitasi perhitungan dengan skema natural neighbor ini. Sebelum penambahan, X and Y batas bahan disisipkan untuk (jaringan, jaring, dan lain-lain.) apakah ditentukan dan sebuah kotak ditempatkan sekitar bahan yang batas melebihi batas bahan oleh kira-kira 10% (nilai ini dapat dimodifikasi oleh pengguna). Empat sementara "pseudo-scatter poin-poin" diciptakan pada empat sudut kotak. Jarak terbalik memberatkan skema penambahan dengan gradien fungsi-fungsi bertangkai rata kemudian digunakan untuk memperkirakan satu nilai data pada pseudo poin. Dari tempat itu , pseudo poin dengan nilai-nilai diperkirakan dimasukkan dengan menyebar aktual poin dalam proses interpolation. Akibatnya, semua poin disisipkan untuk menjamin menjadi di dalam selubung cembung pada titik penyebaran tetap. Segera setelah interpolation sudah lengkap, pseudo poin dibuang.


Comments

Popular posts from this blog

Bowen reaction series

Struktur Sedimen

Ketidakselarasan (Uncomformity)